INTERNET

Pengertian Internet


A.    Secara harfiah, Internet (kependekan dari interconnection-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
B.    Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang terdiri dari jutaan jaringan lokal, umum, akademik, bisnis dan pemerintah dari cakupan lokal sampai dengan global yang dihubungkan oleh sekumpulan teknologi elektronik, wireless, dan jaringan optik yang sangat luas.
BROWSER

  1. Pengertian Browser dalam dunia internet adalam sebuah program komputer yang digunakan untuk menjelajahi internet.
  2. Perngertian tersebut sejalan dengan istilah “browse” dalam bahasa inggris yang berarti melihat-lihat atau membaca-baca.
  3. Browser bisa dianggap sebagai sebuah jendela yang terdapat di komputer yang berfungsi untuk melihat dunia maya.
 
Beberapa browse yang cukup terkenal antara lain:
  1. Mozilla Firefox
  2. Google Chrome
  3. Microsoft Internet Explorer
  4. Opera
  5. Safari

        BAGAIMANA CARA SEBUAH WEB BROWSER MENGAMBIL HALAMAN WEB?

1.     Aplikasi web bowser akan mengambil atau mendownload kode yang biasanya ditulis dalam HTML(HyperText Markup Language) atau dengan bahasa pemrograman lain dari server web. kemudian menterjemahkannya menjadi teks atau gambar dan menampilkannya ke layar browser.
2.     Pada kebanyakan kasus, interaksi pengguna dibutuhkan untuk memberitahu web browser tentang situs atau halaman web apa yang ingin dilihat. Caranya adalah dengan mengetikkan alamat web atau URL pada bar alamat browser.
3.     Alamat web, atau URL (Uniform Resource Locator), yang Anda ketik ke bar alamat browser memberitahu browser di mana tempat untuk mengambil halaman web yang kita inginkan.
4.     Sebagai contoh, mari kita katakan bahwa Anda mengetik URL berikut ke address bar browser: http://facebook.com
5.     Pada bar web browser terlihat di URL ada dua bagian utama. Yang pertama adalah protokol, yang pada alamat yang tertera adalah "http://".
6.     HTTP, yang merupakan singkatan dari HyperText Transfer Protocol, adalah protokol standar yang digunakan untuk meminta dan mengirimkan file di Internet.

        SEARCH ENGINE

1.     Pengertian Search Engine adalah sebuah program / software yang akan mencari beberapa dokumen tertentu ketika kata kunci dimasukan.
2.     Search engine bekerja dengan menggunakan kata kunci yang dimasukan.
3.     Search engine akan mencari semua dokumen di internet yang berhubungan dengan kata kunci yang dimasukan tersebut.
4.     Search engine seperti google dan yahoo dijalankan dengan menggunakan program Browser. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah browser untuk dapat menggunakan search engine di internet.


1.     Cara kerja search engine berdasarkan urutan berikut ini:
a.     Web Crawling
b.     Indexing
c.     Searching
     I.   Web crawler (disebut juga spider) adalah program komputer yang melihat-lihat/browse halaman web serta mengikuti setiap link di halaman tersebut, dan kemudian menyimpannya dalam indeks di server search engine.
    II.   Isi dari halaman tersebut dianalisa untuk mendapatkan index kata-kata dari judul, header.
  III.   Index memungkinkan hasil query yang sepadan dengan cepat.

Saat pengguna menuliskan pertanyaan / query ke search engine, maka search engine akan searching / mengevaluasi index dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan pertanyaan / query, beserta ringkasan singkat yang terdiri dari judul dokumen dan sebagian dari teks.
        Beberapa Search Engine:
* Altavista (http://www.altavista.com)
* Alltheweb (http://www.alltheweb.com)
* Ask (http://www.ask.com)
* AOL (http://www.aol.com)
* Britannica (http://www.britannica.com)
* Dogpile (http://www.dogpile.com)
* Gigablast (http://www.gigablast.com)
* Google (http://www.google.com)
* HotBot (http://www.hotbot.com)
* Live Search (http://www.live.com)
* LookSmart (http://www.looksmart.com)
* Lycos (http://www.lycos.com)
* Mamma (http://www.mamma.com)
* MetaCrawler (http://www.metacrawler.com)
* MSN (http://www.msn.com)
* Netscape (http://www.netscape.com)
* Search (http://www.search.com)
* Snap (http://www.snap.com)
* Yahoo (http://www.yahoo.com)
* WebCrawler (http://www.webcrawler.com)
* Wisenut (http://www.wisenut.com)
 
EMAIL

1.     Kata EMAIL merupakan singkatan dari Electronic Mail, yang berarti “surat elektronik”. Email merupakan system yang memungkinkan pesan berbasis teks untuk dikirim dan diterima secara elektronik melalui computer atau telepon selular.
2.     Lebih spesifik lagi, email diartikan sebagai cara pengiriman data, file, teks, gambar, dan file-file lainnya dari satu komputer ke komputer lain. File atau teks akan dikirim sesuai dengan alamat yang diberikan kepadanya. Tiap pengguna internet memiliki alamat yang unik, persis seperti no telepon.
3.     Untuk dapat mengirim email, kita harus mempunyai alamat, yaitu dengan mendaftarkan diri ke salah satu situs web penyedia layanan email. Misalkan www.yahoo.com, www.google.com, www.hotmail.com, dll.
4.     Alamat email memiliki 2 identitas yang dipisahkan oleh tanda @ dan dinyatakan dengan username@server.domain. Username menyatakan identitas pengguna email, sedangkan server.domain menyatakan organisasi / perusahaan penyedia layanan email.

             I.        Kelebihan EMAIL
        Pengirim email tidak memerlukan amplop dan perangko serta alat fisik lainnya seperti membuat surat konvensional.Proses pengiriman surat pun berjalan sangat cepat keseluruh dunia sehingga dapat menghemat banyak waktu dan uang dalam berkirim surat.
            II.        Kelemahan EMAIL
        Memungkinkan terjadinya pemalsuan identitas. Hal ini karena kemudahan dalam proses pembuatan alamat email dapat membuat orang yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan keadaan ini dengan membuat email beridentitas palsu untuk keperluan yang bersifat negatif. Misalkan melakukan penipuan.
a.     Memungkinkan proses penyadapan informasi
b.     Memungkinkan penyalahgunaan dokumen, khususnya jika terjadi kesalahan pengiriman email
            Memungkinkan terjadinya ketidaknyamanan ketika mengelola email. Hal ini terutama disebabkan banyaknya email sampah (junkmail/spam) berupa iklan yang tidak kita harapkan 




E-LEARNING

1.     E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet.
2.     E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas.
3.     E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet.
Ada beberapa pengertian berkaitan dengan e-Learning sebagai berikut :
1.     Pembelajaran jarak jauh.
E-Learning memungkinkan pembelajar untuk menimba ilmu tanpa harus secara fisik menghadiri kelas.
Pembelajar bisa berada di Semarang, sementara “instruktur” dan pelajaran yang diikuti berada di tempat lain, di kota lain bahkan di negara lain.
Interaksi bisa dijalankan secara on-line dan real-time ataupun secara off-line atau archieved.
2.     Pembelajaran dengan perangkat komputer
E-Learning disampaikan dengan memanfaatkan perangkat komputer. Pada umumnya perangkat dilengkapi perangkat multimedia, dengan cd drive dan koneksi Internet ataupun Intranet lokal.
Dengan memiliki komputer yang terkoneksi dengan intranet ataupun Internet, pembelajar dapat berpartisipasi dalam e-Learning.
Jumlah pembelajar yang bisa ikut berpartisipasi tidak dibatasi dengan kapasitas kelas. Materi pelajaran dapat diketengahkan dengan kualitas yang lebih standar dibandingkan kelas konvensional yang tergantung pada kondisi dari pengajar.
3.     Pembelajaran yang ditunjang oleh para ahli di bidang masing-masing
Walaupun sepertinya e-Learning diberikan hanya melalui perangkat komputer, e-Learning ternyata disiapkan, ditunjang, dikelola oleh tim yang terdiri dari para ahli di bidang masing-masing, yaitu:
a.     Subject Matter Expert (SME) atau nara sumber dari pelatihan yang disampaikan
b.     Instructional Designer (ID), bertugas untuk secara sistematis mendesain materi dari SME menjadi materi e-Learning dengan memasukkan unsur metode pengajaran agar materi menjadi lebih interaktif, lebih mudah dan lebih menarik untuk dipelajari
c.     c. Graphic Designer (GD), mengubah materi text menjadi bentuk grafis dengan gambar, warna, dan layout yang enak dipandang, efektif dan menarik untuk dipelajari
d.     d. Ahli bidang Learning Management System (LMS). Mengelola sistem di website yang mengatur lalu lintas interaksi antara instruktur dengan siswa, antarsiswa dengan siswa lainnya.

Di sini, pembelajar bisa melihat modul-modul yang ditawarkan, bisa mengambil tugas-tugas dan test-test yang harus dikerjakan, serta melihat jadwal diskusi secara maya dengan instruktur, nara sumber lain, dan pembelajar lain.
Melalui LMS ini, siswa juga bisa melihat nilai tugas dan test serta peringkatnya berdasarkan nilai (tugas ataupun test) yang diperoleh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar