A. Secara harfiah, Internet (kependekan
dari interconnection-networking) ialah sistem global dari seluruh
jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol
Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
B. Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang
terdiri dari jutaan jaringan lokal, umum, akademik, bisnis dan pemerintah dari
cakupan lokal sampai dengan global yang dihubungkan oleh sekumpulan teknologi
elektronik, wireless, dan jaringan optik yang sangat luas.
BROWSER
- Pengertian Browser dalam dunia internet adalam sebuah program komputer yang digunakan untuk menjelajahi internet.
- Perngertian tersebut sejalan dengan istilah “browse” dalam bahasa inggris yang berarti melihat-lihat atau membaca-baca.
- Browser bisa dianggap sebagai sebuah jendela yang terdapat di komputer yang berfungsi untuk melihat dunia maya.
Beberapa browse yang
cukup terkenal antara lain:
- Mozilla Firefox
- Google Chrome
- Microsoft Internet Explorer
- Opera
- Safari
BAGAIMANA CARA SEBUAH WEB BROWSER MENGAMBIL HALAMAN
WEB?
1. Aplikasi web bowser akan mengambil atau mendownload
kode yang biasanya ditulis dalam HTML(HyperText Markup Language) atau
dengan bahasa pemrograman lain dari server web. kemudian menterjemahkannya
menjadi teks atau gambar dan menampilkannya ke layar browser.
2. Pada kebanyakan kasus, interaksi pengguna dibutuhkan
untuk memberitahu web browser tentang situs atau halaman web apa yang ingin
dilihat. Caranya adalah dengan mengetikkan alamat web atau URL pada bar alamat
browser.
3. Alamat web, atau URL (Uniform Resource Locator),
yang Anda ketik ke bar alamat browser memberitahu browser di mana tempat untuk
mengambil halaman web yang kita inginkan.
4. Sebagai contoh, mari kita katakan bahwa Anda mengetik
URL berikut ke address bar browser: http://facebook.com
5. Pada bar web browser terlihat di URL ada dua bagian
utama. Yang pertama adalah protokol, yang pada alamat yang tertera adalah
"http://".
6. HTTP, yang merupakan singkatan dari HyperText
Transfer Protocol, adalah protokol standar yang digunakan untuk meminta dan
mengirimkan file di Internet.
SEARCH ENGINE
1. Pengertian Search Engine adalah sebuah program / software yang akan mencari
beberapa dokumen tertentu ketika kata kunci dimasukan.
2. Search engine bekerja dengan menggunakan kata kunci
yang dimasukan.
3. Search engine akan mencari semua dokumen di internet
yang berhubungan dengan kata kunci yang dimasukan tersebut.
4. Search engine seperti google dan yahoo dijalankan
dengan menggunakan program Browser. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah browser
untuk dapat menggunakan search engine di internet.
1. Cara kerja search engine berdasarkan urutan berikut
ini:
a. Web Crawling
b. Indexing
c. Searching
I. Web crawler (disebut juga spider) adalah program komputer yang
melihat-lihat/browse halaman web serta mengikuti setiap link di halaman
tersebut, dan kemudian menyimpannya dalam indeks di server search
engine.
II. Isi dari halaman tersebut dianalisa untuk mendapatkan
index kata-kata dari judul, header.
III. Index memungkinkan hasil query yang sepadan dengan
cepat.
Saat
pengguna menuliskan pertanyaan / query ke search engine, maka search engine
akan searching / mengevaluasi index dan memberikan daftar halaman web yang
paling sesuai dengan pertanyaan / query, beserta ringkasan singkat yang terdiri
dari judul dokumen dan sebagian dari teks.
Beberapa Search Engine:
*
Altavista (http://www.altavista.com)
* Alltheweb (http://www.alltheweb.com)
* Ask (http://www.ask.com)
* AOL (http://www.aol.com)
* Britannica (http://www.britannica.com)
* Dogpile (http://www.dogpile.com)
* Gigablast (http://www.gigablast.com)
* Google (http://www.google.com)
* HotBot (http://www.hotbot.com)
* Live Search (http://www.live.com)
* LookSmart (http://www.looksmart.com)
* Lycos (http://www.lycos.com)
* Mamma (http://www.mamma.com)
* MetaCrawler (http://www.metacrawler.com)
* MSN (http://www.msn.com)
* Netscape (http://www.netscape.com)
* Search (http://www.search.com)
* Snap (http://www.snap.com)
* Yahoo (http://www.yahoo.com)
* WebCrawler (http://www.webcrawler.com)
* Wisenut (http://www.wisenut.com)
* Alltheweb (http://www.alltheweb.com)
* Ask (http://www.ask.com)
* AOL (http://www.aol.com)
* Britannica (http://www.britannica.com)
* Dogpile (http://www.dogpile.com)
* Gigablast (http://www.gigablast.com)
* Google (http://www.google.com)
* HotBot (http://www.hotbot.com)
* Live Search (http://www.live.com)
* LookSmart (http://www.looksmart.com)
* Lycos (http://www.lycos.com)
* Mamma (http://www.mamma.com)
* MetaCrawler (http://www.metacrawler.com)
* MSN (http://www.msn.com)
* Netscape (http://www.netscape.com)
* Search (http://www.search.com)
* Snap (http://www.snap.com)
* Yahoo (http://www.yahoo.com)
* WebCrawler (http://www.webcrawler.com)
* Wisenut (http://www.wisenut.com)
EMAIL
1. Kata EMAIL merupakan singkatan dari Electronic Mail,
yang berarti “surat elektronik”. Email merupakan system yang memungkinkan pesan
berbasis teks untuk dikirim dan diterima secara elektronik melalui computer
atau telepon selular.
2. Lebih spesifik lagi, email diartikan sebagai cara
pengiriman data, file, teks, gambar, dan file-file lainnya dari satu komputer
ke komputer lain. File atau teks akan dikirim sesuai dengan alamat yang
diberikan kepadanya. Tiap pengguna internet memiliki alamat yang unik, persis
seperti no telepon.
3. Untuk dapat mengirim email, kita harus mempunyai
alamat, yaitu dengan mendaftarkan diri ke salah satu situs web penyedia layanan
email. Misalkan www.yahoo.com, www.google.com, www.hotmail.com, dll.
4. Alamat email memiliki 2 identitas yang dipisahkan oleh
tanda @ dan dinyatakan dengan username@server.domain. Username
menyatakan identitas pengguna email, sedangkan server.domain menyatakan
organisasi / perusahaan penyedia layanan email.
I.
Kelebihan
EMAIL
Pengirim email tidak memerlukan amplop dan perangko
serta alat fisik lainnya seperti membuat surat konvensional.Proses pengiriman
surat pun berjalan sangat cepat keseluruh dunia sehingga dapat menghemat banyak
waktu dan uang dalam berkirim surat.
II.
Kelemahan
EMAIL
Memungkinkan
terjadinya pemalsuan identitas. Hal ini karena kemudahan dalam proses pembuatan
alamat email dapat membuat orang yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan
keadaan ini dengan membuat email beridentitas palsu untuk keperluan yang
bersifat negatif. Misalkan melakukan penipuan.
a.
Memungkinkan
proses penyadapan informasi
b. Memungkinkan penyalahgunaan dokumen, khususnya jika
terjadi kesalahan pengiriman email
Memungkinkan terjadinya
ketidaknyamanan ketika mengelola email. Hal ini terutama disebabkan banyaknya
email sampah (junkmail/spam) berupa iklan yang tidak kita harapkan
E-LEARNING
1. E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning)
yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet.
2. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui
komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi
mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas.
3. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk
pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal
atau internet.
Ada beberapa pengertian berkaitan dengan e-Learning
sebagai berikut :
1. Pembelajaran jarak jauh.
E-Learning memungkinkan pembelajar untuk menimba ilmu
tanpa harus secara fisik menghadiri kelas.
Pembelajar bisa berada di Semarang, sementara
“instruktur” dan pelajaran yang diikuti berada di tempat lain, di kota lain
bahkan di negara lain.
Interaksi bisa dijalankan secara on-line dan real-time
ataupun secara off-line atau archieved.
2. Pembelajaran dengan perangkat komputer
E-Learning disampaikan dengan memanfaatkan perangkat komputer.
Pada umumnya perangkat dilengkapi perangkat multimedia, dengan cd drive
dan koneksi Internet ataupun Intranet lokal.
Dengan memiliki komputer yang terkoneksi dengan
intranet ataupun Internet, pembelajar dapat berpartisipasi dalam e-Learning.
Jumlah pembelajar yang bisa ikut berpartisipasi tidak
dibatasi dengan kapasitas kelas. Materi pelajaran dapat diketengahkan dengan
kualitas yang lebih standar dibandingkan kelas konvensional yang tergantung
pada kondisi dari pengajar.
3. Pembelajaran yang ditunjang oleh para ahli di bidang
masing-masing
Walaupun sepertinya e-Learning diberikan hanya
melalui perangkat komputer, e-Learning ternyata disiapkan, ditunjang,
dikelola oleh tim yang terdiri dari para ahli di bidang masing-masing, yaitu:
a. Subject Matter Expert (SME) atau nara sumber dari pelatihan yang
disampaikan
b. Instructional Designer (ID), bertugas untuk secara sistematis mendesain
materi dari SME menjadi materi e-Learning dengan memasukkan unsur metode
pengajaran agar materi menjadi lebih interaktif, lebih mudah dan lebih menarik
untuk dipelajari
c. c. Graphic Designer (GD), mengubah materi text
menjadi bentuk grafis dengan gambar, warna, dan layout yang enak dipandang,
efektif dan menarik untuk dipelajari
d. d. Ahli bidang Learning Management System
(LMS). Mengelola sistem di website yang mengatur lalu lintas interaksi antara
instruktur dengan siswa, antarsiswa dengan siswa lainnya.
Di sini, pembelajar bisa melihat modul-modul yang
ditawarkan, bisa mengambil tugas-tugas dan test-test yang harus dikerjakan,
serta melihat jadwal diskusi secara maya dengan instruktur, nara sumber lain,
dan pembelajar lain.
Melalui LMS ini, siswa juga bisa melihat nilai tugas
dan test serta peringkatnya berdasarkan nilai (tugas ataupun test) yang
diperoleh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar