Teknik Perakitan Laptop

Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. Laptop terkadang disebut juga dengan komputer notebook atau notebook saja.
Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.
Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai "pengganti" tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket Universal Serial Bus maupun PS/2 jika tersedia.

Berbeda dengan komputer desktop, laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.
Dah tau kan apa artinya tu laptop, sekarang waktunya baca ni tutorial merakit laptopnya yang di lengkapi dengan gambar yang akan mempermudah belajar merakit Laptop.

Komponen Laptop yang akan di rakit

Casing Laptop Axioo
 
Memory, card WLAN, prosesor, dan harddisk yang akan di rakit ke laptop Axioo
 
 
Harddisk dan spacer-nya
 
 
spacer yang sudah di pasang di harddisk
 
 
Memasukan harddisk ke tempat harddisk di body laptop
 
 
Harddisk yang sudah terpasang
 
 
tutup casing tempat harddisk

Pasang Card WLAN


 
lokasi pemasangan card WLAN terletak di sebelah kiri aras motherboard. Terlihat ada dua (2) kabel antenna kecil yang keluar
 
 
masukan card dengan posisi miring sebelum nantinya akan dikuatkan dengan baut
 
 
Eratkan dengan baut
 
 
Pasang dua (2) kabel antenna WiFi ke card WLAN
 
 
Letakan Memory miring sebelum nantinya di pasang dengan benar
 
 
Tekan dan pastikan di kiri kanan terkait dengan benar ke soket memory di motherboard

Pasang Prosesor


 
Pasang Processor pada laptop Axioo
 
 
Kencangkan baud pada soket prosesor menggunakan obeng


Pasang Heatsink Saluran Angin


 
Pasang Saluran Angin dan Heatsink
 
 
Pasang baud pada prosesor dan kencangkan menggunakan obeng


Pasang Power untuk Cooling Fan


 
pasang kabel power untuk cooling fan ke motherboard
 
 
cooling fan terletak di penutup motherboard

Tutup Penutup Motherboard

pasang penutup motherboard
pasang baud dan kencangkan dengan obeng
 
 
Yang terakhir tinggal pasang batere-nya
Selesai deh laptop rakitan sudah jadi tinggal anda mencobanya berhasil atau tidak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar